Minggu, 22 November 2020

Mengenal Lebih Jauh Jurusan Akuntansi di SMKNU Pace

Ketika lulus dari SMP atau pun Mts pastilah kalian bingung ingin meneruskan ke mana?. Adakalanya ingin melanjutkan sekolah adakalanya juga yang ingin bekerja. Kita harus optimis bahwa kita harus melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi untuk menambah wawasan pengetahuan, keterampilan sehingga dapat menghadapi masadepan dengan penuh bekal yang cukup bahkan banyak. Memilih SMK atau SMA?. SMK atau SMA atau MA semua baik semua itu adalah pilihan. Nah disini saya akan mengulas tentang perbedaan diantara ketiganya tersebut.
SMA yaitu Sekolah Menengah Atas lebih dominan materi pembelajaran dengan sedikit praktek, dan biasanya untuk jurusannya sangatlahn terbatas. MA yaitu Madarasah Aliyah adalah pendidikan umum yang lebih mengutamakan pendidikan agama sehingga untuk paktek sangatlah terbatas. SMK yaitu Sekolah Menengah Kejuruan dengan materi mata pelajaran yang diimbangi dengan praktek secara langsung dengan peralatan dan perlengkapan yang sangat menunjang untuk menerapkan materi yang telah diajarkan oleh bapak ibu guru. Nah, dari ulasan saya ini kira-kira akan memilih yang mana?. Silahkan direnungkan.

 



Di SMK salah satu jurusan yang sudah lama ada dan masih bertahan sampai saat ini adalah jurusan akuntansi dan keuangan. Walaupun perkembangan teknologi dan informatika sudah mengalami perubahan yang cukup meningkat namun akuntansi tetap bertahan. Hal ini terjadi karena akuntansi adalah ilmu yang mempelajari tentang keuangan, dimana keuangan adalah pusat kehidupan masyarakat dengan uang kita dapat mencukupi kebutuhan kita, dengan keuangan segala usaha mikro dan makro berjalan dengan baik. Untuk itu akuntansi tetap dibutuhkan walaupun teknologi sudah secanggih ini karena kita tetap membutuhkan akuntansi untuk mengatur, menganalisis, mengawasi, mengendalikan, melaporkan, dan lainnya yang sangat kita butuh dalam kehidupan ini.
Di Jurusan Akuntansi banyak hal yang akan dipelajari bukan hanya mengenai pelaporan keuangan saja, tetapi juga mempelajari mengenai Auditing, Perancang Sistem Akuntansi, dan juga perpajakan (Akuntansi Perpajakan). Semua materi pelaporan dan teknisnya akan dipelajari dalam jurusan Akuntansi dikarenakan Akuntansi dapat dikatakan sebagai bahasanya dunia 

Ma'aarif Mart SMKNU Pace

Melihat hal tersebut, SMK NU telah menyiapkan sarana dan prasarana untuk praktek jurusan akuntansi. salah satu nya adalah dengan mendirikan Mini Market- Ma'arif Mart  (MM) yang terletak di sebelah selatan area pasar Pace sebagai salah satu wadah bagi para siswa / siswi di SMKNU untuk bisa langsung mempraktekan ilmu akuntansi yang mereka dapatkan di sekolahan dalam penerapannya di dunia pemasaran .

Ma'arif Mart sebagai sarana praktek jurusan Akuntansi SMKNU
 
Pada dasarnya pekerjaan akuntan mencakup dua bidang utama, yaitu akuntansi dan auditing. Di bidang akuntansi, retensi pekerjaan akuntan berupa pengolahan data untuk menghasilkan informasi keuangan, akuntansi perencanaan sistem informasi juga digunakan untuk menghasilkan informasi keuangan.
Pekerjaan audit di bidang akuntansi dalam bentuk pemeriksaan objektif laporan keuangan untuk menilai kewajaran informasi yang terkandung dalam laporan.

PROSPEK KARIR JURUSAN AKUNTANSI
Jurusan Akuntansi akan memberikan prospek karir bagi yang mempelajarinya sebagai:
1.    Akuntan, baik Akuntan Publik, Akuntan Perusahaan, maupun Akuntan Pemerintah
2.    Internal Auditor
3.    Adminstrasi Keuangan Perusahaan
4.    Administrasi Perpajakan di Direktorat Pajak, baik Pusat maupun Daerah
5.    Auditor di Badan Pemeriksa Keuangan
6.    Konsultan Keuangan
7.    Staff Akuntansi di Perbankan
8.    Tenaga Pengajar Akuntansi, baik Dosen maupun Guru SMA dan SMK
9.    Wirausaha, dan lain-lain

by Eriska Nurlaili.S.Pd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar