Minggu, 22 November 2020

SMK Kewirausahaan sebagai implementasi pendidikan kewirausahaan di SMK NU PACE

Dunia kerja sangat terkait dengan ketersediaan sumber daya manusia (SDM) yang memadai di masing masing sektor. karena dengan SDM yang baik maka akan dicapai tingkat produktifitas yang unggul. menyikapi hal tersebut SMK sebagai wadah pendidikan untuk calon penerus bangsa dituntut harus bisa mempersiapkan anak didiknya agar bisa menjawab tantangan tantangan dunia kerja di masa mendatang.

Namun seiring berkembangnya zaman , meningkatnya populasi penduduk tidak dibarengi dengan adanya peningkatan ketersediaan lapangan kerja di sektor industri besar. hal ini tentu menjadi problema sendiri bagi para pelaku pendidikan. karena lulusan yang dihasilkan belum tentu bisa diterima seluruhnya di sektor industri sebagai wadah lapangan pekerjaan bagi para siswa / siswi setelah lulus dari pendidikan

Menjawab tantangan ini, SMKNU PACE sudah mengantisipasinya dengan membuat SMK Kewirausahaan sebagai salah satu alternatif untuk menggembleng para siswanya agar kelak mereka memiliki ketrampilan dan mental dalam  berwirausaha. sehingga lulusan yang dihasilkan tidak hanya tergantung pada lapangan pekerjaan di sektor indutri besar saja, namun mereka juga sudah siap untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dengan berwirausaha.

Ruang praktek pembuatan songkok di smk kewirausahaan SMK NU Pace


Salah satu objek pengembangan smk kewirausahaan di SMK NU Pace adalah dengan memproduksi songkok (Kopyah) dibawah branding/ merk  usaha dangang UD Bintang Nusantara. produksi singkok ini dinilai tepat karena mengingat kebutuhan songkok bagi masyarakat muslim khusunya sangatlah besar dan terus meningkat, dengan menggandeng praktisi di bidang industri songkok serta menyediakan tempat produksi songkok di lingkungan skeolahan, maka siswa/siswiSMKNU Pace memiliki wadah untuk belajar dari proses produksi hingga ke pemasaran. diharapkan dengan adanya SMK Kewirausahaan ini, siswa/siswi akan lebih aktif dan termotivasi untuk menjadi pelopor pencipta lapangan kerja dengan berwirausaha kelak setelah mereka lulus dari SMK NU Pace.

Hasil produksi songkok smk kewirausahaan di SMKNU Pace

Sebagai upaya dukungan dari pihak pemerintah, hari sabtu tanggal 20 November 2020, dinas pendidikan propinsi jawa timur yang diwakili oleh bapak Suhariyanto melalukan pendampingan kepada team smk kewirausahaan SMK NU Pace yang diketuai oleh Bapak Nur Kalim, ST. pendampingan ini bertujuan agar pengadaan smk kewirausahaan bisa terarah dengan baik sesuai dengan tujuan awal yakni mendidik , melatih dan memberi wadah yang komprehensif bagi siswa dan siswi SMK NU Pace  untuk belajar usaha mandiri / berwirausaha"

Pendampingan smk kewirausahaan oleh dinas pendidikan propinsi jawa timur

by

Sir Ahmed


0 komentar:

Posting Komentar