Jumat, 11 Desember 2020

Tiket Ekslusif Pelatihan Program CEO Kepala Sekolah bagi SMK NU Pace

Pada pertengahan bulan September sekolahan SMK NU Pace mendapat informasi dari Cabang dinas Kabupaten Nganjuk (CABDIN) bahwa terdapat 3 sekolahan yang terpilih untuk mengikuti pelatihan diantaranya SMKN 1 BAGOR, SMK PGRI 2 NGANJUK DAN SMK NU PACE.  SMK NU PACE adalah sekolah yang masuk sebagai salah satu sekolah yang terpilih untuk mengikuti Program yang sangat langka yaitu PROGRAM CEO KEPALA SEKOLAH dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi RI memprogramkan peningkatan kapabilitas manajerial Kepala SMK berbasis industri, agar Kepala SMK memiliki kemampuan tata kelola yang baik melalui entrepreneur leadership sehingga mampu mewujudkan tujuan SMK dalam menghasilkan lulusan SMK yang memiliki karakter kuat untuk bekerja dan berwirausaha. Berkaitan dengan hal tersebut sehingga kepala sekolah dapat memposisikan diri disekolah bukan sekedar sebagai kepala sekolah namun juga sebagai Chief Excecutive Officer (CEO) dari sekolah tersebut.

Pelatihan CEO Kepsek SMK di Malang

Sebelumnya sekolahan kami sempat takut dan juga bingung apa yang dimaksud dengan program CEO Kepala Sekolah ini dikarenakan juga jangka Waktu pelatihan yang sangat lama yaitu 3 bulan yang menurut kami tidak seperti pelatihan biasanya yang hanya paling lama 2 minggu, secara umum kegiatan akan dilaksanakan selama 62 hari efektif dengan rincian : 20 hari Tahapan pembelajaran daring, 39 hari Tahapan pembelajaran Luring, dan 3 hari Tahapan Ujian Sertifikasi dan seminar hasil PPS (Daring). Sempat juga sekolahan kami mengkonsultasikan terkait pelatihan ini ke Cabang dinas Kabupaten Nganjuk (CABDIN) setelah mendapat arahan dan juga nasehat maka sekolahan kami menerima dan mau mengikuti pelatihan Program CEO Kepala Sekolah tersebut.

Program CEO Kepsek diikuti oleh berbagai Kepsek SMK yang terpilih di jawa timur

 Pada hari Selasa tanggal 06/10/2020 terdapat pembagian tempat pelatihan yang salah satunya SMK NU PACE masuk dibawah koordinasi Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya yang dibagi menjadi 3 kelas, dan SMK NU PACE Mendapat Kelas 3 untuk pelaksanaan bimbingan. Dalam Program CEO ini terdapat  Proyek  Pengembangan  Sekolah (PPS).


Bp H irfan Asrudin ST. MPd.I. Kepala Sekolah SMK NU Pace

Sebagai wujud implementasi  Proyek  Pengembangan  Sekolah (PPS)tersebut,  SMK NU PACE memiliki berbagai Program kerja yang bertujuan untuk mengembangan SDM, meningkatkan Manajemen sekolah melalui perubahan dinamika Industri Dunia Kerja (IDUKA), Meningkatkan kemampuan kewirausahaan baik dari aspek  Internal maupun Exsternal. Program kerja tersebut diantaranya adalah BERWIRAUSAHA. Kewirausahaan tersebut diantaranya adalah Kewirausahaan Produksi Songkok, Kewirausahaan Pelatihan Manajemen Perdagangan ( MA’ARIF MART),  Kewirausahaan Ternak ( Kambing, Sapi, Ayam, Lele/ Gurami, Burung), Kewirausahaan Pelatihan Tata boga. Dan SMK NU Pace melakukan pembangunan Gedung Serbaguna yang bertempat di depan polsek pace dan juga di Desa Karangsono Kec. Loceret hal tersebut merupakah langkah prospek kemajuan SMK NU Pace untuk mengembangkan SDM dalam aspek Mengoptimalkan Kewirausahaan. Salah satu Kewirausahaan yang sangat berkembang pesat dalam aspek Produksi dan juga pemasaran atau distribusinya adalah KEWIRAUSAHAAN PRODUKSI SONGKOK “ UD BINTANG NIUSANTARA” . Kewirausahaan yang mampu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar dan juga Alumni lulusan yang ingin berwirausaha, dengan dimulai dari pembelian bahan baku , produksi sendiri, pendistribusian mandiri sesuai tim yang sudah di bagi dengan memanfaatkan warga sekolah untuk ikut serta dalam menanamkan jiwa berwirausaha sehingga Kewirausahaan Songkok ini tidak hanya berwirausaha saja tetapi untuk bekal pelatihan warga sekolah dalam jiwa entrepreniurship yang inovativ, kreatif, imajinatif dan peka terhadap kearifan lokal.  Sehingga menjadikan Prospek besar bagi lembaga sekolah dan juga masyarakat sekitar. Yang mengarahkan peran SMK tidak hanya sebagai pencetak tenaga kerja terampil , tapi SMK juga memiliki peran untuk menciptakan wirausaha-wirausaha muda yang mampu bekerja mandiri. 

 By Nawa

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar